Peserta :
Suhaeti
Ruyanti Somi
Laile Anwar
Dewi Agustina
Zakiah Hanum
Devie Wahyuni
Indah Purwanti
Duratul Baida
Maryana Deskawati
Widhyuana Sarjana
Aulia Yulita
_________________________________________
Bismillahirrahmannirahim.
Seruni kembali hadir dengan Sesi Berbagi-nya. Kali ini masuk Sharing Session ketiga sekaligus mulai menjalankan Milestone 1 untuk meningkatkan kompetensi keahlian Tim Inti Seruni. Di bulan September ini, Seruni akan belajar tentang seluk beluk Digital Marketing. Berikut ulasan yang dipaparkan oleh notulis, Mba Indah Purwanti.
Ulasan Materi :
Belajar Digital Marketing Mulai Darimana?
Channel Digital yaitu Youtube, Tik Tok, Reels, Instagram.
Marketing promotion jaman dahulu melalui informasi dari pembicaran orang ke orang.
Perkembangan marketing saat ini seiring dengan industri 4.0 maka beralih ke digital marketing, menyesuaikan perkembangan jaman,
Cara lama marketing = lingkup kita hanya daerah tempat kita jualan saja. Namun jika sudah menggunakan digital marketing maka lingkupnya lebih luas.
Keuntungan digital marketing :
Mudah
Murah
Cepat (account-account yang terhubung dengan kita lebih banyak wilayah yang terjangkau), perkembangannya lebih cepat untuk promosi
How digital marketing
Search engine optimization (SOE)
Belajar membuat keyword tertentu untuk dibaca oleh google, harus punya legilitas untuk menampilkan iklan tsb.
Search Engine Marketing (SEM)
Sama dengan SOE, bedanya kita tidak perlu mengatur iklan kita untuk tampil di pencarian teratas SOE. Kita cukup membayar saja dan akan diiklankan oleh google
Content Marketing
Contoh trip Musa yang menceritakan pengalaman travellingnya yang dituangkan dalam blog. Lalu dia bagikan ke media-media sosial. Bentuknya marketing via blog seperti food blogger.
Pay Per Click Advertising (PPC)
Bagian dari SOE, bila kita sedang membuka google atau menonton suatu ada iklan kecil dipojok bawah. Ini berbayar.
Affiliate Marketing
Tokped sudah mulai sejak 2012, namun baru booming sejak akhir-akhir ini. Kita membuat link rekomendasi dan kita bagikan ke orang lain, maka pendapatan kita berasal dari (komisi dari penjualan yang kita lakukan)
Email Marketing
Penawaran melalui email ke customer-costomer , meraka punya database calon customer.
Social Media Marketing (SMM)
Contoh : Instagram, facebook
Channel Penjualan Online
Messsenger (Whatsapp Business)
Social Media (Instagram, Facebook)
E Commerce
Marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak)
Forum (kaskus)
Video Sharing (Youtube)
Fundamental Digital Marketing
Audience
Kita harus mengetahui target kita siapa. Misal toko Proban, produk ban, Maka target saya adalah laki-laki dengan range usia 20 sd 50 tahun. Lokasi dimana
Customer Journey
Perjalanan customer untuk membeli produk kita. Misal saya membuka toko ban di Bojong. Saya grand opening di social media (Instagram) , target laki-laki usia 20 sd 50 tahun radius 3 sd 5 Km dari lokasi toko. Lalu saya iklan promo di medsos tentang promo merchandise.
Copywriting
Membuat penawaran iklan yang menarik perhatian orang untuk melihat dan membeli produk yang kita jual
Traffic
Dalam promosi marketing digital, kira-kira kapan jam-jam orang mulai aktif di sosmed. Jam berapa intensitas orang aktif.
Content
Saya punya bisnis toko ban, maka isi media sosial saya konten yang ditampilkan tidak hanya foto-foto ban. Tetapi berisi, story telling staf toko dsb. Video sharing protokol kesehatan. Konten berisi manfaat, tips dan quotes.
Team
Harus punya tim, jika kita masih belum bisa dan gaptek maka kita cari orang yang bisa mensupport brand kita. Misal desain, video editing.
Marketing Temperature Dalam Marketing
Cold : audience kita belum kenal produk kita dan belum pernah beli produk kita. Gimana membangun awareness (misal membuat flyer yang menjelaskan produk kita apa saja dan fasilitasnya apa).
Warm : Sudah kenal produk kita namun belum pernah beli.
Hot : Sudah kenal produk kita, sudah pernah beli dan mau beli lagi. Menarik minat customer dengan promo member. Misal jika sudah 3 kali ganti oli maka dapat promo gratis 1 kali.
Sales Funnel
Terkait dengan saluran penjualan, berisi langkah-langkah apa yang harus diambil untuk mendapatkan pelanggan.
Membangun awareness = promo di instagram (misal toko proban di Bojong selama 1 minggu iklan muncul di feed target market kita).
Membangun interest = saat konsumen mencapai tahap ketertarikan.
Decision
Action = berfokus pada retensi pelanngan, nyatakan terima kasih kepada pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar