Perjalanan dalam mengidentifikasi aksi terasa lebih panjang dari sebelum-sebelumnya. Biasa pembahasan selesai dalam waktu 2 jam saat pertemuan rutin pekanan di jumat malam. Tetapi untuk pembahasan kali ini, hampir tiap hari Kami luangkan waktu sekitar 1 jam untuk melanjutkan diskusi.
1. Highlight dan Key Updates
Highlight dan key updates yang akan kami jalankan berdasarkan milestone 1 tim yaitu penguatan internal tim. Yang menjadi highlight adalah aksi atau gerakan yang kami lakukan, kemudian key updates nya adalah indikator keberhasilan dari aksi tersebut
Secara garis besar ada 2 hal yang tim seruni lakukan yaitu mentoring bisnis dan meningkatkan kompetensi keahlian. Jika apa yang menjadi indikator keberhasilan dapat tercapai maka bisa dikatakan kami berhasil menjalankan aksi dari milestone 1 ini.
Disini kami juga mencari kata kunci yang akan terus digunakan ditiap postingan media sosial, untuk memudahkan orang mencari info tentang seruni. Juga hastag yang melekat ditiap postingan seruni.
2. Timeline of Highlight
Timeline of highlight sudah kami jalankan mulai bulan september ini sesuai dengan milestone 1.
Untuk mentoring bisnis, berhubung sampai jurnal ini ditulis kami belum mendapatkan mentor bisnis yang bisa mengisi di seruni.
Maka dari itu, Tim seruni melakukan studi mandiri untuk mengikuti mentoring dan pembelajaran dari luar kemudian ilmu yang diperoleh dibagikan di internal seruni.
Berhubung seruni fokus membangun 5 sektor bisnis UKM maka 9 orang yang ada dalam tim dibagi kedalam 5 sektor bisnis dan untuk masing-masing sektor ada penanggungjawabnya tersendiri.
Untuk meningkatkan kompetensi keahlian juga sudah mulai dijalankan. Bulan September ini seruni belajar tentang Digital Marketing. Apa saja yang sudah seruni pelajari dalam Digital Marketing, ulasannya bisa dilihat disini
3. Media Sosial
Alhamdulillah, sebelum mendapat materi ini. Pentingnya media sosial untuk berkampanye. Seruni sudah lebih dahulu memiliki Facebook dan Instagram. Pembahasan cukup panjang ketika menentukan website yang akan digunakan. Awalnya, kami ingin langsung menggunakan yang berbayar dan memiliki domain sendiri. Kemudian karena beberapa pertimbangan akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan website gratis dahulu.
4. Analisis SWOT
Menarik sekali saat menentukan SWOT. Pembahasan pun meluas sampai ke community plan. Sangat menantang perlu kuliah dan pelajaran lebih lanjut.
5. Fundraising
Tiap harinya makin menantang dan deg-degan. Disini kami bukan lagi membahas materi apa selanjutnya tetapi bahasan sudah melebar dan meluas bagaimana membangun dan menghidupkan seruni. Membawa mimpi yang dituliskan berubah menjadi kenyataan.
Semoga Allah meridhoi tiap langkah kami, menjaga tim agar tetap solid dan memudahkan tiap prosesnya. Aaamiiin.
#identifikasiaksi
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestaberkaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar